Pura Besakih

Berwisata ke Pura Besakih

Dengan usia lebih dari seribu tahun, Pura Besakih dikenal sebagai “Pura Utama di Bali” berdiri dengan kokoh di lereng Gunung Agung, dengan ketinggian 1000 meter. Besakih adalah pura terbesar dan tersuci di Bali.¬† Disebut sebagai Pura Utama di Bali karena letaknya di lereng Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali. Pura ini juga menjadi satu-satunya pura dimana semua umat hindu dari berbagai kasta bisa berkumpul dan bersembahyang bersama.

Delapan belas Pura terpisah yang diperuntukkan bagi kabupaten dan kasta-kasta tertentu mengelilingi tiga pura utama yang dipersembahkan untuk dewa Siwa, Brahma dan Wisnu. Bagi masyarakat Bali, datang bersembahyang ke pura ini merupakan perjalanan rohani tersendiri. Puncak gunung yang terlihat dari pura memberikan kesan mistis tersendiri bagi pura ini.

Menjadi pura terbesar dan tujuan utama umat Hindu di Bali, membuat kompleks 35 pura kecil ini ramai dikunjungi umat Hindu setiap tahunnya. Jalan mendaki melalui gerbang ganda ke halaman utama pura dimana pura tempat penyembahan dewa Siwa, Brahma dan Wisnu telah dihiasi dengan kain dan bunga-bunga indah sebagai persembahan. Ada banyak pura disini tapi sebagian besar bagian utama dari pura itu tertutup untuk wisatawan. Melihat kembali jejak sejarah pura ini, kompleks pura ini sedikitpun tidak tersentuh oleh erupsi dahsyat Gunung Agung pada tahun 1963, yang menyapu bersih desa-desa disekitar. Pura ini memiliki gamelan tertua di bali yang disebut Selonding. Perayaan hari jadi pura atau disebut piodalan diadakan pada bulan ke-10 dari penanggalan kalender bali yang jatuh pada bulan April. Jika anda mengunjungi pura ini sebaiknya sebelum pukul 9 pagi dimana saat itu belum banyak bus-bus wisatawan berdatangan sehingga anda bisa merasakan keindahan, ketenangan dan kecantikan pagi hari di Pura Besakih.

Klungkung merupakan Kabupaten terkecil di Bali, terletak diantara Kabupaten Gianyar dan Karangasem, juga termasuk Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Klungkung sendiri merupakan kota yang sibuk. Berdasarkan keputusan Gubernur Bali no 528 tahun 1993, Nusa Penida juga menjadi salah satu lokasi resort bagi wisatawan di Bali. Berdasarkan keputusan pemerintah kabupaten Klungkung no 284 tahun 1996 ada 18 objek wisata di kabupaten ini dan termasuk Nusa Penida. Klungkung merupakan pusat kerajaan Hindu Jawa di Bali, dan merupakan nenek moyang dari keturunan para bangsawan di Bali hingga sekarang. Klungkung merupakan kerajaan tertua di Bali, dengan raja-rajanya yang agung. Kerta Gosa yang terkenal karena merupakan pengadilan kerajaan yang dibuat pada abad ke-18, mencerminkan salah satu maha karya yang ada di Bali. Bangunan ini memiliki langit-langit yang memperlihatkan karya seni yang indah dari Bali. Kemegahan bangunan ini ada pada letak bangunannya yang mengambang ditengah kolam, taman yang luas dan kolam teratai yang menawan. Klungkung membuat anda merasakan kejayaan dari jaman dahulu.

Tempat yang akan dikunjungi selama berwisata :

Kerta Gosa
Kerta Giosa adalah bangunan kuni yang di desain dengan arsitektur bali dan merupakan rumah panggung terbuka dimana Raja menjatuhkan hukuman, mengumumkan undang-undang, mengadili dan masih banyak lagi. Kerta Gosa adalah bangunan indah yang dikelilingi kolam ikan dengan berbagai tumbuhan yang menambah keindahan tempat ini sehingga layak untuk anda kunjungi. Pada langit-langit bangunan ini dipenuhi oleh lukisan pewayangan yang menggambarkan kehidupan dari manusia.

Bukit Jambul
Bukit Jambul adalah sebuah tempat yang indah dengan sawah berundak di bawahnya. Di dataran tinggi ini, kita akan melihat lembah yang cantik yang dikelilingi oleh tumbuhan-tumbuhan subur dan sawah yang luas sebagai pemandangan utama. Dari tempat ini, kita dapat melihat pemandangan luas dengan latar belakang perbukitan, pepohonan luas dan lautan.

Pura Besakih
Pura Besakih terletak di lereng Gunung Agung yang sangat luas dan dengan bangunan pura yang artistik. Merupakan pura terbesar di Bali yang penuh dengan nuansa religius dan dihiasi oleh ornamen-ornamen khas Bali mulai dari pintu masuk, hingga ke setiap pelosok pura. Pura ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan dengan aktivitas religius umat Hindu setiap harinya.

Rencana Perjalanan :
Jemputan ke hotel РMengunjungi pengerajin emas dan perak РMengunjungi pengerajin pahatan kayu РMengunjungi  Kerta Gosa РMengunjungi Bukit Jambul РMakan Siang di Restoran yang ada di Bukit Jambul РMengunjungi Pura Besakih РKembali ke Hotel
РJemputan ke hotel pukul  08.00 Р08.30
– Kembali ke hotel sekitar pukul 06.00

Biaya :
– Charter Mobil – Pregio at Rp 910.000/mobil
– Charter Mobil – APV at Rp 715.000/mobil
– Charter Mobil disertai makan siang di Bukit Jambul Restoran Rp 455.000/orang
Book Pemesanan Secara Online