Pura Tanah Lot

Wisata ke Sangeh, Mengwi dan Tanah Lot

Tanah Lot terletak sekitar 12 km dari Kota Tabanan dan 20 kilometer dari Denpasar. Tempat ini merupakan perpaduan keindahan alam yang natural dengan campur tangan manusia. Disini anda bisa melihat pantai berpasir putih dengan deburan ombaknya, dilengkapi dengan sebuah pura yang megah. Pura ini dikenal dengan nama Pura Tanah Lot, berada ditengah laut dan diatas batu karang. Tanah Lot telah menarik banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara setiap harinya. Mereka datang kesini untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam yang romantis, biasanya terjadi pada musim kemarau yang cerah di bulan April hingga November.

Tempat ini juga di sebut Tanah Let yang berarti tanah kuno dan juga disebut Tanah Lod atau tanah di selatan. Pura Tanah Lot merupakan pura dengan konstruksi sederhana, dengan lokasi ditengah laut dan menjadi salah satu tempat suci bagi umat Hindhu di Bali.

Seperti sebuah lukisan cina yang halus, pura kecil, berbentuk mirip pagoda, yang terletak 13 km di barat daya kota Tabanan ini berdiri di atas batu karang besar ditengah laut yang terkikis ombak. Tanah Lot mejadi salah satu daya tarik pura di pesisir selatan pulau Bali yang semuanya sebagai tempat memuja dewa laut.

Tempat yang dikunjungi selama wisata :

Subak / Sistem irigasi sawah tradisional :
Subak merupakan sistem tradisional petani bali untuk membagi dan mengatur air untuk setiap sawah secara adil dan merata. Subak juga merupakan organisasi tradisional yang khusus menangani aktivitas di sawah seperti membuat dan membersihkan saluran irigasi, membagi air, membuat upacara dan masih banyak lagi. Semuanya dilakukan secara sosial, suka rela, dan bersama-sama. Disini anda bisa melihat secara langsung sistem subak masih menggunakan alat-alat tradisional untuk mempertahankan kelangsungan organisasi ini.

Alas Kedaton( Monkey Forest )
Alas Kedaton adalah sebuah hutan kecil yang dihuni oleh sekelompok kera dan kelelawar besar yang menggantung di atas pepohonan di hutan ini. Hutan ini juga memiliki banyak sejarah karena di dalam hutan ini ada sebuah pura yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Di tempat ini anda akan bertemu gerombolan kera yang jinak dengan manusia. Hutan ini tidak luas tapi dihuni banyak kera dan kelelawar besar. Alas Kedaton adalah tujuan wisata yang ada di Kabupaten Tabanan tepatnya di desa Kedaton di sebelah utara Kota Tabanan.

Museum Subak
Museum Subak adalah museum yang mengumpulkan semua alat-alat pertanian tradisional Bali yang biasa digunakan petani Bali untuk menggarap sawahnya. Museum ini terletak di Kabupaten Tabanan, yang akan memberikan anda gambaran akan bagaiimana petani bali pada jaman dahulu bisa mengerjakan sawahnya dengan peralatan sederhana
dan bisa memiliki sistem irigasi yang baik. Museum ini juga mengumpulkan foto-foto lawas dari petani bali di sawah mereka.

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot adalah Pura Hindu Bali yang terletak di atas batu karang dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Lokasi pura ini tepat berada di tepi pantai yang membuat pura ini seakan-akan mengapung di tengah laut saat air sedang pasang. Pura ini merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal di Bali dengan banyaknya turis yang berkunjung. Ada banyak tempat untuk melihat keindahan dan panorama dari pura dan laut disekitarnya. Beberapa pura lain juga ada disekitar pura ini yang menambah suasana suci berada di Bali.

Rencana perjalanan :
Jemputan di Hotel – Mengunjungi sawah untuk melihat sistem irigasi Subak – Mengunjungi Museum Subak – Mengunjungi Alas Kedaton (Monkey Forest) – Mengunjungi Pura Tanah Lot – Kembali ke hotel
– Jemputan di hotel pukul 08.00 – 08.30
– Kembali ke sekitar pukul 18.00

Harga :
– Sewa mobil untuk tur setengah hari Rp 520.000/mobil
– Sewa mobil untuk tur setengah hari dan tiket masuk obyek wisata Rp 390.000/orang
– Sewa mobil untuk tur setengah hari, tiket masuk obyek wisata dan makan malam Rp 520.000/orang
Book Pemesanan Secara Online